Recipe: Appetizing Bakpia Teflon

Bakpia Teflon.

Bakpia Teflon You can have Bakpia Teflon using 14 ingredients and 12 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Bakpia Teflon

  1. Prepare of Kulit Bakpia :.
  2. It's 250 gram of tepung terigu.
  3. Prepare 50 gram of gula halus.
  4. Prepare 40 gram of margarin.
  5. You need 140 ml of air hangat kuku.
  6. It's 1 sdt of ragi instant.
  7. Prepare 1/4 sdt of garam.
  8. Prepare of Isian Bakpia :.
  9. Prepare 250 gram of kacang hijau kupas.
  10. You need 1 sachet of SKM.
  11. It's 120 gram of gula pasir.
  12. It's 80 ml of air.
  13. You need 1/2 sdt of garam.
  14. It's 1 sdt of vanili cair.

Bakpia Teflon instructions

  1. Campurkan tepung terigu (saya pakai segitiga biru) + gula halus + ragi instant (tepung dan gula saya ayak terlebih dahulu) --> aduk rata, lalu tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok/spatula, lalu dilanjut dengan diuleni dengan tangan..
  2. Setelah 1/2 kalis, tambahkan margarin dan garam (kalau nggak mau belepotan bisa ditambahkan sedikit sedikit margarinnya) uleni sampai kalis, lalu bulatkan, dan tutup dengan plastik wrap (saya pakai keresek ) diamkan selama 1 jam..
  3. Sementara menunggu bahan kulit diproofing kita siapkan isiannya..
  4. Kacang hijau kupas sebelumnya sudah saya rendam air 2,5 jam selanjutnya dikukus selama 20 menit. Setelah matang dan empuk dinginkan..
  5. Selanjutnya kacang hijau kukus, gula pasir, garam, dan vanili dihaluskan menggunakan food chopper, tapi karena saya nggak punya food chopper saya coba menggunakan blender, dan hasilnya cukup membagongkan berkali-kali macet, jadi waktu untuk membuat isian yg seharusnya cukup 45 menit jadi 1,5 jam saran saya kalo nggak punya food chopper pakai ulekan atau ditumbuk biasa saja Gaes. Setelah 1/2 halus tambah SKM dan air --> blender sampai halus..
  6. Bulat-bulatkan dan pipihkan semua adonan isian, karena saya pakai blender hasilnya lengket jadi tidak bisa dibulatkan, saya sendokin aja. Sekali lagi saya menyesal kenapa kok nggak diuleg saja seperti bikin perkedel, hasilnya pasti lebih kesat dan mudah dibentuk..
  7. Kemudian adonan kulit yang diproofing kita kempeskan. (karena ribet bikin isian pake blender sampai 1,5 jam, saya jadi overproofing adonan kulitnya ) Adonan kulit ini kita bagi sejumlah banyaknya adonan isian, lalu kita bulat-bulatkan..
  8. Ambil satu adonan kulit, pipihkan setipis mungkin, lalu taruh adonan isi ditengahnya, lipat adonan kulit ke arah dalam, lalu rekatkan..
  9. Tata adonan yang sudah diberi isian ke loyang yang sudah ditaburi tepung, ulangi sampai semua adonan habis..
  10. Selanjutnya panaskan teflon anti lengket dengan api yang sangat kecil, tata adonan kue diatasnya, panggang selama +/- 4 menit, lalu dibalik, diamkan 3 menit lalu angkat. (lama memanggang disesuaikan besar dan tebalnya teflon ya, saya pakai teflon crepes yg sangat tipis jadi mudah panas, kalau pakai teflon biasa waktunya +/- 10 menit lalu dibalik 8 menit baru diangkat).
  11. Biarkan dingin, setelah dingin Bakpia Teflon pun siap dinikmati. Rasanya enak sekali dan teksturnya sangat lembut. Selamat mencoba! .
  12. TIPS : Agar hasilnya bagus, yang pertama jika anda tidak punya food chopper sebaiknya anda menghaluskan kacang hijaunya menggunakan ulekan atau ditumbuk biasa, jangan pakai blender. Kedua, jangan overproofing, atau mengistirahatkan adonan kulit terlalu lama, karena adonan akan terlalu mengembang sehingga setelah dipanggang saat dingin kulitnya akan kisut/ keriput..

More Articles

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Recipe: Appetizing Bakpia Teflon"

Posting Komentar